Postingan

MAKALAH MEMAHAMI TEORI PERKEMBNGAN BELAJAR ANAK USIA PRA SEKOLAH, SEKOLAH DASAR, SEKOLAH MENENGAH, DAN SEKOLAH MENEGAH ATAS

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Masalah Obyek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai person. Di samping itu para psikolog juga tertarik akan masalah sampai seberapa jauhkah perkembangan manusia itu dipengaruhi oleh perkembangan masyarakat. Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Dalam perkembangan person terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali. Perkembangan ada kesamaannya dengan pertumbuhan. Di antara para psikolog ada yang tidak membedakan antara istilah perkembangan dan pertumbuhan. Bahkan ada yang lebih setuju akan istilah pertumbuhan. Hal ini mungkin untuk menunjukkan bahwa seseorang bertambah dalam berbagai kemampuannya yang bermacam-macam bahwa ia lebih menggalami diferensiasi dan juga bahwa ia pada tingkatan yang lebih tinggi, lebih menggalami integrasi. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi p

DOMAIN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KURIKULUM 2013

DOMAIN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KURIKULUM 2013 A.     Pendahuluan Pendidikan nasional kita masih menghadapi berbagai macam persoalan. Persoalan itu memang tidak akan pernah selesai, karena substansi yang ditransformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran selalu berada di bawah tekanan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemajuan masyarakat. Salah satu persoalan pendidikan kita yang masih menonjol saat ini adalah adanya kurikulum yang silih berganti dan terlalu membebani anak tanpa ada arah pengembangan yang betul-betul diimplementasikan sesuai dengan perubahan yang diinginkan pada kurikulum tersebut. Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dan tantangan zaman. Semakin maju peradaban suatu bangsa, maka semakin berat pula tantangan yang dihadapinya. Persaingan ilmu pengetahuan semakin gencar dilakukan oleh dunia internasional, sehingga Indonesia juga dituntut untuk dapat bersaing secara glo